Pages

Oct 22, 2010

Jumlah yang Masuk Surga

'Imran ibn Hushain meriwayatkan bahwa pada suatu ketika, tatkala Rasulullah saw. sedang dalam perjalanan, sementara beberapa orang sahabat masih berada di belakang, beliau mengangkat suara dan membacakan ayat berikut:

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat dahsyat. Pada hari kamu melihatnya, setiap ibu yang menyusukan, akan lupa kepada bayinya yang sedang menyusu. Dan setiap wanita yang mengandung akan gugur kandungannya. Ketika itu akan engkau lihat manusia seperti mabuk padahal mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah benar-benar amat keras.

Ketika para sahabat mendengarnya, mereka bergegas, karena mereka tahu bahwa Nabi hendak mengatakan sesuatu. Begitu mereka telah sampai kepada Nabi, beliau bersabda, "Tahukah kalian hari apa itu? Pada hari itu, Adam a.s. akan dipanggil oleh Allah Swt. dan Allah berkata, 'Hai Adam, sisihkanlah para penghuni neraka.' Adam berkata, 'Ya Tuhan, berapa banyak para penghuni neraka itu?' Allah Swt. berkata, 'Dari setiap 1000 orang, 999 orang akan masuk neraka, dan yang seorang lagi akan masuk surga.'"

Para sahabat Rasulullah saw. serta merta menjadi kecewa dan berhenti tersenyum. Ketika Nabi melihat hal tersebut, beliau bersabda, "Bergembiralah dan berusaha keraslah, karena, demi Yang jiwa Muhammad terletak di tangan-Nya, kalian tidak termasuk ciptaan Allah yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan yang lain: Ya'juj dan Ma'juj, dan golongan terkutuk dari anak-anak Adam dan anak-anak iblis." Para sahabat gembira sekali mendengar keterangan Rasulullah tersebut. Rasulullah lalu bersabda, "Berusaha keras dan bergembiralah, karena, demi Tuhan Yang ditangan-Nya terletak jiwa Muhammad, dibandingkan dengan golongan manusia lainnya, kalian ibarat sebuah tahi lalat pada seekor unta atau seperti sebuah bulatan di kaki depan seekor keledai."  Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi dan an-Nasa'i, dan menurut tirmidzi hadis ini hasan-sahih.